12.14.2008

Tips Mencegah Stretch Marks

Stretch Marks (garis-garis putih) sering muncul pada perut wanita sehabis melahirkan. bagi wanita yang koncern dengan keindahan kulit, keberadaan Stretch Marks sangat mengganggu. Terdapat berbagai upaya mengatasinya.

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya stretch marks, antara lain


1. Oleskan pelembab. Oleskan pelembab dua kali sehari pada tubuh, khususnya pada bagian yang mengalami peregangan di saat hamil, seperti perut, payudara, bokong, dan pinggul. Pelembab berfungsi menjaga elastisitas dan kekencangan kulit sehingga serat kolagen dan protein di lapisan bawah kulit tidak akan rusak meskipun kulit mengalami peregangan kuat.

2. Olah raga teratur. Saat hamil lakukan olahraga ringan secara teratur, seperti jalan kaki atau berenang. Olah raga seperti itu akan memperkuat otot perut dan melancarkan peredaran darah di perut. Keadaan itu membuat serat kolagen dan protein di lapisan bawah kulit tidak mudah rusak sekalipun ada regangan yang kuat. hanya, olah raga jangan terlalu dipaksakan. Bila sudah terasa letih segera hentikan, segera istirahat sambil makan ringan dan minum.

3. Pola makan Seimbang. Jalani hidup sehat denga pola makan seimbang. Makan bergizi sangat penting, lebih-lebih saat menyusui, tetapi jangan berlebihan. Bila makan secukupnya saja, tida akan menyebabkan lemak di perut berlebihan. Hal itu akan membantu mempercepat proses perbaikan serat kolagen dan protein di lapisan bawah kulit yang rusak saat hamil sehingga stretch marks lekas hilang.

Sumber : Kartini , April - Mei 2008

No comments:

Post a Comment

BKJT Mutiara